Selasa, 03 September 2013

Pengertian Program dan Algoritma

Program dan Algoritma

Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Sedangkan pengertian dari Algoritma secara sederhana merupakan urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistem

Sekarang kita akan membahas mengenai perbedaan antara program dan algoritma
Program  =  Algoritma + Bahasa (struktur bahasa)
maksud dari struktur diatas asalah sebuah program dihasilkan dengan adanya algoritma dan struktur bahasa

Algoritma juga memiliki alat bantu yaitu :
1. Flowchart
Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah.
Contoh sederhana dari flowchart : menghitung keliling lingkaran



2. Pseudocode
Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman computer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemograman tetapi bahasa tersebut hanya ditujukan agar dapat dibaca manusia. Biasanya yang ditulis dari pseudocode adalah variabel dan fungsi. Tujuan penggunaan utama dari pseudocode adalah untuk memudahkan manusia dalam memahami prinsip-prinsip dari suatu algoritma. Dalam pseudocode, tidak ada syntax standar yang resmi. Karena itu, pseudocode ini dapat kita terapkan dalam berbagai bahasa pemograman.

0 komentar:

Posting Komentar