Senin, 13 Januari 2014

VB Tutor - 1.Pengenalan

Visual Basic adalah versi terbaru dari visual Basic yang diluncurkan oleh microsoft pada tahun 2010. VB2010 hampir mirip dengan Visual Basic 2008, tetapi memiliki lebih banyak fitur baru. Seperti visual Basic 2008, Visual Basic 2010 juga menggunakan Bahasa OOP, contoh program dengan bahasa OOP adalah C++, Java, C# dan lain-lain.

Namun, anda tidak perlu tahu OOP untuk belajar VB2010. Bahkan, Jika anda sudah paham dengan Visual Basic 6, Anda dapat belajar VB2010 dengan mudah karena sintaks dan tampilan yang sama.
Untuk mulai membuat aplikasi pertama anda, anda perlu untuk mengklik pada "New Project". Berikut kotak dialog VB2010 "New Project" akan muncul.
Untuk saat ini kita memilih "Windows from Application", karena kita akan membuat aplikasi windows.

Di bagian bawah kotak dialog ini, anda dapat mengubah nama program anda windowsapplication1 dengan nama yang anda suka, contohnya : Myfirstprogram. setelah itu klik OK untuk melanjutkan. Lalu akan muncul kontrol umum Toolbox.
Klik kotak form, lalu tarik "Button" yang ada pada kotak Toolbox ke dalam form, dan ubah teks default button1 menjadi OK di kotak properties, maka akan tampil seperti di bawah ini :
Lalu klik double pada tombol OK dan jendela kode muncul. Masukkan kode sebagai berikut :
Lalu simpan. Ketika anda menjalankan program dan klik pada tombol OK, kotak dialog akan muncul dan menampilkan Pesan "Selamat Datang di Visual Studio 2010", seperti yang ditunjukkan di bawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar